Rencana Tuhan


       Seringkali aku bertanya, “Tuhan kenapa bisa kaya gini, Tuhan kenapa semua tak sesuai apa yang aku harapkan, Tuhan kenapa cobaan selalu datang pada ku silih berganti, Tuhan kenapa aku ga bisa seperti yang lain, Tuhan kenapa aku harus melalui jalan yang sangat sulit untuk aku lalui, Tuhan apa yang salah dalam diriku, Tuhan kenapa? Tuhan sepertinya sulit untuk ku melewatinya, apa aku mampu Tuhan? Tuhan bisakah aku lari dari semua keadaan yang sedang aku alami ini? Tuhan apa yang harus aku lakukan? Tuhan aku lelah....”


          Saat keadaan seperti itu muncul dan terjadi di dalam hidupku, aku cuma bisa berpikir apakah aku menyerah saja, toh keadaan sedang tidak memihak pada ku. Disaat aku memutuskan untuk tidak peduli lagi dengan keadaan yang sedang terjadi, justru di situ aku mulai merenungkan apa sih yang sebenernya Tuhan mau buat hidup ku, apa sih yang Tuhan rencanakan dalam hidup ku. Pertanyaan itu terus berputar dalam pikiranku. Sampai pada suatu titik dimana aku berusaha menerima keadaan walaupun sulit pada awalnya. Menerima diri aku sendiri, mencintai diri aku sendiri, intropeksi diri sendiri. Dan pada saat aku benar-benar bisa melewati dan menjalankan hidup aku seperti tidak terjadi masalah apapun dalam hidupku dan menerima hidup ku seutuhnya, baru di situlah aku tau bahwa apa yang Tuhan rencanakan jauh lebih indah dari pada yang aku rencanakan sebelumnya.


Yang pada awalnya aku merasa sudah tidak ada jalan lagi untuk ku lewati, justru Tuhan menunjukan jalan lain untuk ku lalui.

       Terkadang kita seringkali berpikir bahwa apa yang sudah kita rencanakan itu merupakan rencana yang terbaik buat kita, sampai-sampai saat rencana itu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan kita justru berpikir bahwa Tuhan sedang memberikan cobaan yang begitu besar yang sangat sulit untuk di mengerti, sangat sulit untuk dipahami, dan bahkan sangat sulit untuk di jalani. Bagi manusia mungkin rencana nya yang terbaik tetapi bagi Tuhan belum tentu baik. Jadi mulai sekarang coba bisa lebih lagi mensyukuri apa yang kita punya, mensyukuri keadaan yang sedang terjadi, mensyukuri atas apa yang Tuhan rencanakan buat hidup kita. Memang aku akui sangat sulit untuk menjalankannya, karena aku pun pernah ada dan mungkin sedang ada di keadaan seperti itu yang sangat sulit untuk di jalani.

         Tetapi percayalah rencana Tuhan itu baik buat kita, walaupun kadang sulit untuk dimengerti. Terkadang kita harus melewati begitu banyak cobaan, melewati begitu banyak caci maki, melewati begitu banyak kesedihan. Tapi pada akhirnya saat kita sudah dapat menerima nya semua aku berjalan dengan baik dan akan indah pada waktu nya. Karena rencana Tuhan bukan rencana kejahatan tetapi rencana suka cita yang harus kita syukuri.

Yuksss mensyukuri untuk segala sesuatu yang kita punya ❤

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJI KOMPETENSI 2

ADA SETITIK CAHAYA DARI SAHABAT